Minggu, 26 Agustus 2012

TERAPI MELEPASKAN DIRI DARI ROKOK


TERAPI MELEPASKAN DIRI DARI ROKOK
             Dalam kitab Min Adhrari – Muskirati wal Mukhaddirat, Syaik Abdullah bin Jarullah bin Ibrahim al Jarullah             , memberikan kiat bagi para pecandu rokok, agar terlepas dari kebiasaan buruk ini.
Syaikh memberikan terapi:
·         Ketahuilah, berdasarkan konsensus para dokter , merokok merupakan salah satu cara penganiayaan anda kapada tubuh anda yang indah.
·         Kenalilah bahaya – bahaya merokok ditinjau dari kesehatan, sosial dan ekonomi, dan ketahuilah. Mulailah untuk meninggalkannya ,dan bulatkan tekad disertai tawakal kepada Allah.
·         Buatlah satu harian tentang keburukan – keburukan rokok terhadap diri anda dan kawan – kawan anda.
·         Jauihilah sebisa mungkin pergaul dengan para perokok dari bau rokok, usahakan hidup dalam suasana segar, dan sibukkan diri dengan hal- hal yang bermanfaat.
·         Gunakan siwak atau benda untuk menggosok gigi, atau dengan lainnya, jika anda keinginan dengan rokok.
·         Konsumsilah segelas lemon, anggur dan jeruk, karena bisa mengelimnasi hasrat kepada rokok.
·         Merokok juga merupakan kebiasaan yang bisa berubah. Artinya  meninggalkan rokok bukan perkara yang mustahil.
·         Bila anda ingin membeli atau mengkonsumsinya, pikirkanlah, apakah dia halal atau halal?  Apakah bermanfaat atau mengandung bahaya? Apakah termasuk barang yang baik atau keji? Maka anda akan menjumpai jawaban. Bahwa rokok itu haram, berbahaya dan barang yang keji.
·         Kalau anda ragu –ragu untuk meninggalkan rokok, sungguh banyak orang yang telah berhasil memutuskan untuk tidak merokok. Artinya putus hubungan dengan rokok bukan kejadian mustahil.
·         Anda harus mengatakan bahwa rokok sulit untuk dikatakan bukan barang haram. Karena melihat dampak buruknya bagi perokok aktif maupun pasif.
·         Memohon pertolongan Allah agar memudahkan bebas dari jeratan rokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar