Jumat, 31 Agustus 2012

SISTEM BAHAN BAKAR MESIN DIESEL



       Pada  sistem bahan bakar mesin diesel, feed pump menghisap bahan bakar dari tangki bahan bakar. Bahan bakar di saring oleh fuel filter dan kandungan air yang terdapat pada bahan bakar di pisahkan oleh fuel sendimeter sebelum di alirkan ke injeksi bahan bakar.
       Rakitan pompa injeksi terdiri sari pompa injeksi governor, timer dan feed pump. Ada 2 tipe injeksi : tipe distributor dan tipe in line. Dengan di gerakan oleh mesin pompa injeksi menekan bahan bakar mengalirkan melalui delivery line ke injection nozzle, dan selanjutnya di injeksikan ke dalam silinder menurut urutan pengapian.
       Bekerjanya mesin diesel ntergantung kepada 2 faktor.Pertama udara yang di masukan ke dalam silinder harus di padatkan, agar suhunya meningkat sampai pada suhu yang dapat menyalakan bahan bakar. Kedua kedalam silinder yang berisi udara tekan yang bersuhu tinggi, harus di semprotkan sejumlah bahan bakar yang tersembur halus pada saat yang tepat , dengan perkataan lain harus terjadi pengabutan bahan bakar.
       Di bandingkan dengan bagian – bagian lain, komponen sistem bahan bakarlah yang terpenting dari mesin diesel. Hampir  semua gangguan terhadap kelancaraan kerja motor diesel, di sebabkan oleh kesalahan sistem bahan bakar.
       Untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam silinder yang berisi udara bertekanan tinggi  di perlukan tekanan hidrolik yang tinggi pula. Kebocoran bahan bakar terutama pada tekanan tinggi, pompa injeksi dan injektor atau nozzle tidak boleh terjadi.untuk itu pipa – pipa pada saluran bahan bakar terbuat dari  baja, sedangkan bagian – bagian dari pompa dan injektor di buat dengan tingkat ketelitian yang tinggi , sebagai contih kelonggaran antara plunyer dan silindernya pada pompa injeksi besarnya hanya peribuan milimimeter . Serbuk halus atau debu yang melekat pada bagian ini menimbulkan keausan oleh sebab itu yang dapat mengakibatkan kebocoran memelihara dan membetilkan bagian – bagian sistem bahan bakar, kebersihan merupakan bagian yang harus di utamakan.  Pekerjaan harus di lakukan di ruangan / tempat yang bersih. Mengerjakan perbaikan di luar ruangan harus di hindari.
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar