Senin, 09 April 2012

Cara Merawat Ban

Merawat ban agar awet,suatu kewajiban bagi pengemudi mobil.Selain sebagai penghematan, merawat ban dengan benar juga bisa menjaga keselamatan pengemudi maupun penumpangnya.Tekanan udara ban yang tidak tepat,sangat berpengaruh pada keseimbangan dan stabilitas laju mobil.


Salah satunya yang harus diperhatikan :
  • Ban Bocor
Periksa pentil ban, apakah ada kebocoran atau tidak? Caranya cukup lepas tutup pentil,kemudian taruh air di atas lubang pentil. Apabila air menggelembung, bisa dipastikan pentil tersebut bocor. Bila bocor, keraskanlah pentil tersebut dengan memakai alat pengencang pentil yang ada di tutup pentil.Namun bila masih bocor, berartipentil tersebut rusak dan harus diganti dengan yang baru. Jangan lupa periksa juga permukaan ban luar, ada paku atau benda tajam yang tertancap atau tidak.
  • Ban Aus secara abnormal
Jika permukaan atau tread ban luar aus tidak rata, maka ban mudah tertusuk benda tajam dan rusak. Tekanan ban harus distel supaya sesuai beban pada mobil (bila perlu gnt ban dengan yang baru)
  • Ban berputar tak teratur
Periksa ban apakah berputar seimbang atau tidak? Dengan cara di sporring dan ballance, supaya tau ban berputar secara normal dan seimbang. Apabila tidak bisa di sporing atau ballance, bawa ke bengkel untuk diperiksa kaki2nya (understell) dan juag laker roda.
  • Tekanan Ban
Periksa secara rutin tekanan angin setiap kali mau mengendarai mobil, khususnya dalam jarak jauh. Samakan tekanan antara ban depan dan belakang.
  • Jarak Tempuh 
Setiap 10.000 km, keseimbangan dan kelurusan ban harus di cek. Selain jarak tempuh, suhu dan cuaca juga berpengaruh terhadap keawetan ban. Kondisi jalan yang panas pada musim kemarau menyebabkan usia ban lebih pendek dibandingkan pada musim hujan. Selain itu, cara mengendarai mobil juga bisa mempengaruhi keawetan ban tersebut. Cara memulai jalan dan pengereman mendadak berpengaruh besar pada keawetan ban tersebut.




1 komentar: